Rumus Formula Microsoft Excel & Cara Menggunakannya


logo microsoft excel




Apa sih formula dalam microsoft Excel ?
Formula adalah rumus yang berisi kombinasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan sebagainya yang dapat kita buat sendiri. Sebuah  formula harus diawali dengan tanda = (sama dengan) . Misalnya kita
akan mencari rata rata nilai ujian siswa, maka formula yang digunakan untuk menghitung rata-ratanya jika ulangan pertama nilainya 8 (alamat sel B7), ulangan kedua nilainya 7 (alamat sel C7), dan ulangan ketiga nilainya 9 (alamat sel D7), jika kolom rata rata ada di alamat sel E7 maka klik alamat sel E7, lalu tulis rumus formula =(B7+C7+D7)/3 dan tekan enter maka akan diketahui rata ratanya yaitu 8. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

 rumus formula =(B7+C7+D7)/3



Terus apa arti tanda /3 dalam rumus diatas ?



/3 menandakan bahwa ada tiga nilai yang akan dicari rata-ratanya yaitu ulangan pertama sampai ulangan ketiga, kalau ada empat nilai yang akan dicari rata-ratanya maka menggunakan /4 dan seterusnya. Intinya tanda / (garis miring) adalah lambang pembagian dalam formula atau rumus di Microsoft Excel (disebut juga Operator matematis).


 Adapun operator matematis lainnya dalam Microsoft Excel yaitu :


  • Penambahan menggunakan operator + misalnya =A1+B5
  • Pengurangan menggunakan operator – misalnya =B6-C2
  • Perkalian menggunakan operator * misalnya =C5*D3
  • Pembagian menggunakan operator / misalnya =C7/C9
  • Pemangkatan menggunakan operator ^ misalnya =C4^F3
  • Kombinasi menggunakan operator +,-,*,/ misalnya =(A1+B7)*C8


Bagi yang masih belum paham bisa ikuti cara dibawah ini :


  • Tempatkan kursor pada alamat sel yang dikehendaki.
  • Ketikan tanda sama dengan (=).
  • Ketikan formulanya.
  • Tekan enter.


Selesai,,,, nanti akan keluar hasil sesuai formula yang diketik.